Rabu, 19 Mei 2010

Tips Aman Bermain Skateboard

Oleh Gale Owen

Skateboard adalah kegiatan olahraga yang sangat populer, khususnya dinikmati oleh orang-orang muda yang memiliki bakat untuk olahraga ini. Skateboard ialah sebuah platform sempit dengan roda terpasang dan orang-orang naik di atasnya untuk bergerak cepat pada permukaan yang keras. Seperti semua kegiatan olahraga petualangan, skateboard dapat menyebabkan beberapa jenis cedera. Patah tulang atau keseleo merupakan jenis utama dari cedera. Ada beberapa tips aman, yang selalu harus diikuti oleh pengendara skateboard untuk menghindarkan diri dari cedera. Beberapa rekomendasi yang penting diberikan di bawah ini:

1) Seorang pengendara skateboard harus selalu menggunakan helm yang cocok dengan benar, penjaga pergelangan tangan, lutut dan bantalan siku & sepatu. Semua aksesoris ini digunakan sebagai alat pelindung.

2) Gunakan sebuah skateboard yang berkualitas. Ada berbagai jenis skateboard untuk semua jenis pengendara. Seorang skateboard rider pemula harus selalu menggunakan papan dengan dek lebih pendek, yang lebih mudah untuk dikuasai.

3) Skateboard bukan merupakan olahraga yang mudah untuk para newbie dan para newbie harus selalu mempelajari keterampilan dasar kegiatan olahraga ini. Berbagai teknik seperti melambat, berbalik, jatuh dengan aman, sangat perlu dipelajari untuk memulai skateboard pada permukaan yang keras.

4) Skateboard harus diperiksa secara menyeluruh sebelum naik. Bagian2 yg rusak atau longgar atau tepi tajam di papan, roda yang retak, papan yang licin dapat menyebabkan cedera serius.

5) Skateboard tidak boleh dikendarai di jalan raya yang ramai karena dapat menyebabkan cedera serius. Sebuah tabrakan dengan kendaraan apapun dapat membuat pengendara skateboard menjadi korban.

6) Skateboard tidak boleh digunakan dalam kegelapan atau dalam cuaca yang basah, karena terlalu beresiko.

7) Pengamatan dan memilih area yang tepat sebelum mengendarai dapat membantu menghindari cedera. Permukaan yang kasar dan tidak beraturan dapat menyebabkan cedera.

8) Selalu dianjurkan untuk tidak mengambil risiko yang tidak perlu dengan trik sulit dan melompat sambil ber-skateboard. Seseorang harus menggunakan trik dan melompat, yang dikuasainya secara sempurna.

9) Hal ini juga sangat penting bagi pemain skateboard berada dalam performa fisik yang baik untuk menghindari diri dari cedera. Beberapa latihan peregangan selalu dianjurkan sebelum dan sesudah ber-skateboard untuk menghindari cedera otot.

10) Mempunyai pengetahuan yang baik untuk menangani masalah dalam keadaan darurat.

11) Satu dan hanya satu orang yang menggunakan satu skateboard. Tak boleh ada sharing karena dapat menyebabkan kecelakaan yang berbahaya.

12) Menumpang pada mobil, sepeda dapat menjadi sangat berisiko dan menyebabkan kecelakaan.

13) Anak-anak di bawah usia 14 tahun merupakan korban utama dari cedera skateboard. Jadi, seorang anak di bawah usia itu harus selalu di amati saat ber-skateboard. Naik Skateboard adalah dilarang untuk anak-anak di bawah usia tujuh tahun. Miskin keseimbangan, reaksi lambat, kurang koordinasi bagian tubuh, kekurangan keterampilan mengendarai, menjadi penyebab utama bagi anak-anak cedera saat ber-skateboard.

Ketika ber-skateboard, seseorang tidak boleh mengabaikan keselamatan mereka. Ketika pemain skateboard bermain sesuai aturan, maka semua orang dapat menikmati olahraga ini.

0 komentar: