Jumat, 28 Mei 2010

Sejarah Berenang

Oleh Recruitcity

Sejarah renang berawal pada zaman prasejarah. Buku yang ditulis 2000-1500 SM termasuk Alkitab sudah ada tulisan tentang berenang. Saat itu renang banyak digunakan sebagai alat pembersihan. Setiap bentuk renang kompetitif tidak terbentuk hingga thn 1800-an di Eropa. Renang masuk dalam Olimpiade pertama tahun 1896 di Athena, Yunani.

Telah dicatat bahwa Mesir Kuno memiliki gambar manusia gua berenang di laut. Mereka sering digambarkan berenang dengan gaya dada sebagai jenis gaya berenang pertama atau sesuatu yang mereka sebut sebagai merangkak depan. Istana Mesir Kuno, Yunani dan Romawi sering dilengkapi dengan kolam renang atau mandi. Sering diperuntukkan untuk kaum elit yang digunakan mereka sebagai kolam relaksasi dan pembersihan.

Perlu dicatat oleh para sejarawan bahwa renang juga sering digunakan dalam pertempuran. Orang Yunani sering dianggap sebagai perenang yang solid dan pada Pertempuran Salamis setelah sejumlah perahu Yunani dan Persia hancur dikatakan bahwa semua prajurit Persia tenggelam karena ketidakmampuan mereka untuk berenang sedangkan Yunani menang.

Sejarah renang jauh lebih mudah dipahami daripada olahraga lainnya. Tanpa peralatan yang perlu dibawa seseorang ke perairan. Jelas negara-negara yang memiliki akses ke air adalah yang pertama untuk beradaptasi dengan berenang.

Evolusi sejarah renang diperluas selama abad pertengahan. Sejumlah individu membawanya pada diri mereka untuk menulis buku tentang renang. Mereka sering berfokus pada kemampuan untuk tidak tenggelam bukan gaya punggung sempurna seperti yang Anda bayangkan. Hidup menyimpan konsep dan teknik mulai terbentuk sepanjang beberapa ratus tahun dan di sekitar abad ke-18 dan 19 olahraga mulai berkembang menjadi lebih dari kompetisi daripada hanya keselamatan hidup. Asosiasi Klub renang muncul di seluruh dunia. Beberapa yg pertama dalam sejarah renang berada di China, Swedia dan Jerman.

Sekolah mulai percaya bahwa renang adalah bagian alami dari setiap pendidikan kehidupan. Oleh karena itu, mereka mulai mengajar renang di sekolah tidak hanya sebagai program keselamatan hidup, tetapi sebagai kegiatan ekstrakurikuler. Sekolah dan Universitas mulai mengadopsi praktik-praktik dan mengatur tim klub berenang. Kompetisi mulai muncul sekitar pertengahan 1800-an. Inggris adalah yang pertama untuk memodernisasi olahraga ini dengan menggabungkan kolam renang dalam ruangan dengan tim berenang. Mereka mulai merumuskan gaya renang baru termasuk gaya bebas. Tak lama setelah ini, variasi dari gaya bebas mulai bentuk dan penghargaan tidak bisa diberikan kepada satu orang sebagaimana banyak orang bertanggung jawab untuk mengembangkan teknik ini.

Olimpiade Athena 1896 adalah platform nyata pertama untuk olahraga. Hanya laki-laki saja yg berkompetisi di sejumlah pertandingan. Sepanjang tahun 1900-an olahraga ini berkembang dan sejumlah bintang bermunculan. Johnny Weissmuller, si Tarzan asli menyelesaikan sepuluh tahun karirnya dengan tidak pernah kalah dan memenangkan perlombaan lima medali Olimpiade.

Ilmu dan teknologi mulai berperan dalam olahraga sepanjang tahun 1900. Ketika ilmuwan dan pelatih mulai mempelajari renang dan menemukan teknik bawah air untuk memperbaiki waktu. Pakaian renang mulai berubah. Kacamata, topi berenang dan variasi berbeda dari pelatihan2 semuanya mulai berevolusi juga. Amerika Serikat telah membuktikan lahirnya Olympians hebat seperti Mark Spitz yang memenangkan 7 medali emas di Olimpiade 1972.

Olahraga ini telah berkembang menjadi sangat kompetitif dan menyenangkan bagi siapapun. Itu akan selalu menjadi daya tarik besar bagi orang untuk dapat berenang dan kita telah melakukannya selama 3000 tahun .

0 komentar: