Minggu, 16 Mei 2010

Cara Mudah Menggunakan Latihan Aerobik Untuk Menurunkan Berat Badan

Oleh Rahul Talwar

Selain diet yang tepat Anda juga memerlukan latihan yang tepat untuk membantu membakar lemak yang membandel jika Anda ingin menurunkan berat badan. Latihan aerobik dapat membantu Anda membakar lemak sambil membangun stamina. Berikut adalah beberapa tips penting yang dapat membantu Anda menggunakan latihan aerobik untuk menurunkan berat badan.

Mulailah perlahan-lahan dan monitor tubuh Anda ...
Sebelum Anda beraerobik, mulailah dengan perlahan-lahan dan monitor tubuh Anda. Mulailah dengan latihan pemanasan yang benar-up untuk menghangatkan tubuh Anda dan membuatnya fleksibel. Rasakan tubuh Anda saat mengalami nyeri sendi dan berhentilah jika Anda merasa sakit.

Anda juga harus memonitor pernapasan awal, meskipun Anda pasti akan melihat perbedaan positif setelah beberapa hari aerobik. Sangat penting bahwa Anda menunjuk seorang instruktur, paling tidak pada awalnya, untuk mendapatkan cara yg tepat sebelum Anda beraerobik secara rutin.

Tetap konsisten ...
Anda harus latihan setidaknya 4 hari dalam seminggu secara konsisten, terutama di pagi hari dan pada waktu perut kosong karena ini akan membantu membakar lemak di tingkat yang lebih cepat. Anda dapat mulai secara perlahan dan kemudian melanjutkan ke rutinitas dengan intensitas aerobik yg tinggi dalam beberapa hari mendatang.

Hasilnya akan terlihat sejak Anda mulai berkeringat dari luar, tubuh Anda akan sibuk membakar akumulasi lemak dari dalam. Setiap latihan rutin harus berlangsung selama sekitar 45 menit dengan istirahat yang cukup antara setiap latihan. Pada akhir hari, jumlah kalori yang terbakar pasti harus lebih tinggi dari jumlah kalori yang dikonsumsi.

Jenis latihan aerobik yang dapat sesuai dengan tubuh Anda ...
Berdasarkan berat badan Anda saat ini dan kondisi fisik, Anda bisa mulai dengan beberapa latihan aerobik yang disebutkan di sini. Jika Anda berencana untuk berlatih didalam ruangan maka Anda dapat menggunakan treadmill, sepeda stasioner, steppers, dan mesin dayung. Jika Anda menyukai menari maka Anda dapat menambahkannya ke aerobik rutin Anda.

Latihan outdoor dapat mencakup berjalan, jogging, bersepeda, ski cross country, dll Cobalah latihan yang tidak menyebabkan sakit pada sendi Anda dan ingat untuk terus mengubah atau meningkatkan intensitas setelah setiap dua minggu untuk menjaga pembakaran lemak Anda ditingkat yg tinggi.

Kombinasikan dengan latihan beban ...
Jika Anda ingin mengembangkan otot bersamaan dengan kehilangan berat badan maka Anda juga dapat menggabungkan latihan beban dengan aerobik. Anda harus menggunakan beban lebih ringan di set pertama dan melakukan lebih banyak set untuk membakar lemak dan membangun tingkat ketahanan pada saat yang sama. Anda dapat melakukan aerobik rutin setelah latihan beban untuk efek maksimum. Namun, jangan berlebihan dan istirahatlah yg cukup sehingga dapat memulihkan otot Anda untuk latihan berikutnya.

0 komentar: