Jumat, 28 Mei 2010

Manfaat Sepakbola Dari Segi Kesehatan

Oleh Webmaster socceruniform

Ada beberapa olahraga yang populer dan dipraktekkan di seluruh dunia. Sepak bola adalah permainan tim yg penuh dengan konsentrasi, bukan permainan intensitas pendek dan pengulangan yang berfokus pada kinerja individu. Sepak bola adalah olahraga kaki yg menantang di mana kebanyakan orang tertarik, menurut Sweeney Sports Report. Laporan ini mencatat peningkatan hampir terus-menerus dalam popularitas sepak bola sejak musim 1988-1989 berdasarkan minat, termasuk partisipasi, penonton, pendengar radio, penonton televisi dan pembaca media cetak.

Di banyak belahan dunia, sepakbola membangkitkan gairah besar dan memainkan peran penting dalam kehidupan individu penggemar, masyarakat lokal, dan bahkan bangsa, oleh karena itu sepakbola adalah olahraga paling populer di dunia. Karenanya sering dijuluki Hiburan Favorit Dunia.

Sebuah permainan sepak bola adalah usaha dalam menang atau kalah. Fakta yang sederhana ini, dikombinasikan dengan keinginan untuk menang, mengarah ke arah sosialisasi individu. Umumnya, anak-anak yang bermain dalam tim olahraga baik secara berintegrasi sosial , memiliki teman, kurang memiliki masalah dengan orangtua mereka dan menguasai krisis khas dari masa kanak-kanak dan remaja dengan lebih mudah. Melalui olah raga mereka memperoleh keterampilan manajemen konflik serta kemampuan untuk bertindak dengan menghormati orang lain. Karena popularitas sepak bola, anak-anak juga mengalami penerimaan sosial, pengakuan dan dukungan di luar tim mereka.

Aktifitas fisik dapat membantu kondisi tubuh

* Beberapa kegiatan meningkatkan fleksibilitas, beberapa membangun kekuatan otot dan beberapa meningkatkan daya tahan.
* Beberapa bentuk kegiatan yang berkesinambungan melibatkan otot-otot besar di lengan atau kaki. Hal ini disebut daya tahan atau latihan aerobik. Mereka membantu jantung dengan membuatnya bekerja lebih efisien selama latihan dan istirahat.
* Berjalan cepat, lompat tali, jogging, bersepeda, cross country ski dan menari adalah contoh-contoh kegiatan aerobik yang meningkatkan daya tahan.

Manfaat Kesehatan

Sepak bola dapat menjadi latihan yang hebat dan sangat menyenangkan. Manfaatnya bagi kesehatan diantaranya:

* Meningkatkan kapasitas aerobik dan kesehatan kardiovaskular
* Menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan kesehatan otot
* Meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan daya tahan
* Meningkatkan kekuatan otot dan tulang
* Meningkatnya kesehatan akibat adanya perubahan antara berjalan, berlari dan berlari cepat.

Keuntungan lain

Ada manfaat lain dari bermain secara tim seperti sepak bola. Sebagai contohnya :

* Umumnya olahraga non-kontak
* Mengajarkan koordinasi
* Meningkatkan kerjasama dan berbagi
* Mengajar Anda untuk berpikir cepat
* Membantu untuk meningkatkan keterampilan dalam konsentrasi, ketekunan dan disiplin diri
* Cara terbaik untuk bertemu orang dan latihan dengan teman-teman
* Dapat memberikan kesempatan untuk meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri, dan membantu untuk mengurangi kecemasan
* Memerlukan sedikit peralatan sehingga dapat dimainkan di halaman belakang atau taman
* Relatif mudah dipelajari, sehingga pemula dapat dengan mudah bergabung dan bermain sepakbola dasar untuk rekreasi
* Olahraga internasional.

Sepakbola memberikan latihan kardiovaskular sekaligus bekerja pada stamina, kekuatan dan daya tahan. Anda dapat membangun semangat tim sekaligus bersenang-senang pada saat yang sama. Ini adalah 90% mental dan fisik 10%. Anda dapat menendang bola sesukanya, tapi pikiran Anda melakukan semua pekerjaan. Jadi melalui sepak bola Anda bisa membangun konsentrasi, yang benar-benar membantu jika Anda memulainya sejak kecil.

Sepak bola adalah semua bentuk latihan karena terus memompa degup jantung dan memiliki banyak aksi dengan intensitas tinggi. Bila Anda sprint, melompat dan mengatasi lawan Anda, Anda menggunakan semua serabut dalam otot Anda. Berolahraga teratur melalui permainan ini menurunkan lemak tubuh dan meningkatkan otot. olahraga ini membangun kekuatan, fleksibilitas dan daya tahan. Hal ini meningkatkan kekuatan otot dan tulang.

Beberapa kegiatan yang sangat bermanfaat bila dilakukan secara teratur:

* Jalan cepat, hiking, menaiki tangga, latihan aerobik.
* Jogging, berlari, bersepeda, mendayung, dan berenang.

kegiatan seperti sepak bola dan bola basket juga mencakup berlari secara terus menerus.

0 komentar: