Rabu, 06 Oktober 2010

Bagaimana Untuk Men-Spike Bola Volley

Salah satu, keterampilan yang paling dasar, namun penting untuk belajar dalam bola voli adalah bagaimana spike voli. Sebuah spike, kadang-kadang disebut serangan, adalah seni memukul bola melewati net, sering dengan sudut ke bawah, sedemikian rupa sehingga hampir tidak mungkin untuk kembali. Hal ini dapat menjadi gerak yang menghancurkan bila dilakukan dengan benar, karena biasanya berakhir dengan bola yang menyentuh lapangan di antara pemain dari tim lawan. Hal ini juga memiliki kecepatan yang tinggi dan kekuatan di balik itu, yang berarti bahwa bahkan jika terkena atau di blok oleh tim lawan, bola terbang tak tentu arah.


Spiking biasanya dilakukan oleh para pemain barisan depan, orang-orang yang terdekat dengan net. Bahkan, jika bola berada dalam garis 10 kaki, yaitu garis set 10 kaki di belakang net, para pemain barisan depan adalah satu-satunya pemain yang diizinkan untuk spike bola itu. Sementara bola bisa di spike di belakang garis 10 kaki dengan barisan belakang, ini adalah langkah yang sulit untuk dilakukan, dan kurang menghasilkan kecepatan yang tajam dan ketepatan dibandingkan dengan mereka yang lebih dekat dengan net. Mengetahui bagaimana spike voli melibatkan 2 langkah yaitu, pendekatan dan serang.


Ide dari pendekatan ini adalah untuk mencari posisi tubuh yang terbaik untuk mendapatkan kecepatan dan momentum untuk memukul. spiker biasanya memukul bola dengan melompat dari kedua kakinya setelah beberapa langkah menuju bola. Bagian utama dari pendekatan ini adalah dua langkah terakhir menuju kelompatan. Kedua langkah ini adalah langkah yang paling penting untuk difokuskan pada saat berlatih spike, meskipun spiker bisa mengambil sebanyak empat. Langkah pertama dari pendekatan dilakukan dengan mengetahui tangan mana yg akan digunakan si spiker. Misalnya, langkah pertama dari dua langkah dimulai dengan kaki kanan jika pemukul akan menggunakan tangan kanan. Bila menggunakan teknik 3 atau 4 langkah, langkah sebelum langkah terakhir harus sama dengan kaki yang digunakan saat langkah pertama. Menggunakan tangan kanan pemain, pendekatan 3 langkah bisa dilakukan dimulai pada kaki kiri, langkah berikutnya di kaki kanan, dan langkah terakhir di kiri lagi. Tentu saja, bagian akhir dari pendekatan adalah lompat. Ini adalah tempat energi di siapkan saat pendekatan ditransfer dari gerak maju menjadi gerakan ke atas.


Bagian utama dari serangan adalah titik kontak dengan bola. pukulan harus dilakukan dengan lengan lurus, dengan tetap menjaga siku terbuka penuh. Caranya adalah dengan memukul bola di bagian atas dan mungkin sedikit di depan tubuh, sementara melompat tinggi. Memukul bola dengan gerakan menampar dari pergelangan tangan akan memaksa bola ke arah bawah. Jika memukul dengan cara yang tepat, energi ke atas dari hasil pendekatan tersebut dipindahkan dengan bertenaga ke bawah pada bola. Ini harus memaksa bola melewati net pada sudut ke bawah dengan kecepatan tinggi. Memukul bola kembali dengan cara ini bisa sangat sulit dilakukan.


Bagaimana melakukan spike voli adalah salah satu keterampilan dasar yang diperlukan untuk bermain voli. Pemahaman tentang kekuatan yang terlibat, dan bagaimana menerapkannya dapat membuat perbedaan antara spike pembunuh dan memantul melewati net. Melakukan spike bola dengan cara ini akan memastikan kemenangan bagi tim spiking.


Oleh : Hayley Merret

0 komentar: